Wednesday, July 30, 2008

"Dosa" di SPBU

Antre di SPBU itu pastinya untuk menambah volume tangki bensin. Tapi ada juga yang justru sebaliknya alias tetap berboros ria. Mungkin kebiasaan yang sering dilakukan tanpa disadari. Berikut daftar ‘dosa’ di pom bensin yang mulai sekarang harus ditinggalkan! S e g e r a ...!






MESIN HIDUP GAS TERUS BERMAIN
Paling sering dijumpai. Meski sudah masuk jalur antrean, mesin tetap hidup bahkan terus memainkan gas. Alangkah baiknya mesin mati, lalu bisa didorong pas maju. Selain hemat, juga mengurangi kejengkelan orang di belakang yang kena semprot asap knalpot. Pret...!

TERLALU CEPAT BUKA TANGKI
Bensin termasuk cairan gampang menguap. Kadang kita juga sudah buka tutup tangki walau belum giliran diisi. Apalagi kalau ngisinya di siang hari yang terik. Puiiihhh...! Jadi baiknya buka tangki begitu mau diisi.

Dan segera ditutup. Karena jika dibiarkan terbuka lama, penguapan juga akan berlangsung lama. Belum lagi jika tumpah kena guncangan sewaktu didorong.

PENUH EN LUBER
Mestinya paham berapa banyak kapasitas bensin yang mau diisi. Itu bisa dipelajari dari indikator penunjuk bensin. Dengan begitu, tidak ada lagi kejadian bensin luber. Ingat, Bro! Tumpahan bensin itu tetap dibayar. Hare gene!

No comments: