Wednesday, July 30, 2008

Penyebab Kampas Kopling Hangus

Masalah kampas kopling selip sampai hangus jadi omongan banyak pengguna kuda besi di mailing list. Terutama, roda dua yang kopling manual. Beberapa merek dan tipe roda dua generasi 2003 ke-atas mengidap penyakit ini. Nah, ada beberapa penyebab disk clutch hangus.


SAAT PAGI HARI
Kebanyakan motor di Indonesia, pasti menganut kopling basah. Artinya, kampas mesti kerendam oli. Gesekan antar disk clutch yang menimbulkan panas direndam sama pelicin.

Seandainya sirkulasi pelumas enggak maksimal, ini salah satu penyebab kopling hangus. Pelumasan enggak maksimal bisa dikarenakan mesin hidup, tapi oli belum sempat melumasi komponen secara total.

Makanya, memanaskan mesin saat pagi hari sebelum berangkat sebaiknya dibiasakan. Biarkan sampai pelumas membasahi komponen. Tandanya gampang. Pelicin sudah bersirkulasi di girboks pada bak kopling hangat.

MAIN GAS AJA
Kalau ini sering dijumpai di kuda besi yang menggunakan kopling sentrifugal. Saking enaknya, penggunanya asal gas aja. Enggak peduli kalau motor sempat stop sedikit lama.

Padahal, perilaku seperti ini bikin gesekan kampas dan pelat kopling tinggi, tapi tenaga motor enggak sesuai. “Cara seperti ini salah besar,” bilang Yongi Setiady dari Yong’s Motor, Bandung.

GANTUNG KOPLING
Sudah enggak pernah memanaskan mesin, kebiasaan menggantung kopling pun dilakoni. Maksudnya tuas kompling ditekan setengah dibarengi ngegas. Ini mempercepat proses kampas hangus.

Perilaku seperti itu berkaitan sama mekanisme kerja clutch. Saat digantung kejadian gesekan kampas dan pelat kopling. Padahal, mekanisme kerja kopling yang ideal kampas tidak bergesekan waktu mesin berputar.

STUT BERMASALAH
Ini problem mekanisme kerja clutch. Semuanya normal, tapi gerakan stut kopling enggak normal. Bisa jadi karena seret atau ada masalah di proses produksi. Ini mesti dicek sebaik mungkin. Sekali lagi pengaruhnya gerakan buka-tutup rumah kopling.

Seandainya, stut enggak bergerak maksimal posisi kopling bisa jadi enggak bebas. Problemnya kayak diakibatkan karena kebiasaan menggantung kopling.

PENGGUNAAN OLI
Pengaruh dari luar bisa mengakibatkan masalah di kampas kopling. Paling banyak karena penggunaan oli yang enggak sesuai spesifikasi. Terutama tingkat kekentalan pelumas yang ngefek ke kondisi kampas.

Menggunakan oli yang lebih kental dibanding yang direkomendasikan pabrikan bikin mekanisme kampas jadi bermasalah. Seperti bergerak dengan beban yang berat.

PEMASANGAN KABEL
Apa yang salah sama pemasangan kabel kopling sampai bikin kampas gosong? Salah kalau jalur kabelnya tidak di posisi yang benar. “Misalnya ketekuk karena dihalangi bagian tangki atau setang,” ungkap Haryadi dari Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM), Jakarta.

Secara teknis sih kedengarannya sepele. Padahal, arah kabel yang salah karena terhalang bikin gerakan stut kopling enggak maksimal. Akhirnya, mekanisme buka-tutup rumah kopling bermasalah.

PAKAI PER KOMPETISI
Per kompetisi bisa mempercepat proses kampas kopling hangus. Ini masalah tekanan dari spring ke kampas dan pelat kopling. Kan, pabrikan sudah memperhitungkan beban dan gesekan setiap komponen di motor yang diproduksi. Hitungannya standar, bukan untuk semiracing atau full racing.

Tekanan yang lebih dari spring kompetisi dibanding yang standar berakibat sama usia bahan kampas kopling standar. “Seandainya mau pakai per kopling kompetisi, kampasnya pun mesti spek racing,” bilang Tomy Huang, produsen komponen kompetisi label BRT, Cibinong, Jawa Barat.

No comments: