Wednesday, July 30, 2008

Tip's Kampas Kopling Suzuki Sky Wave 125

Melacak komponen variasi untuk Suzuki Skywave 125 memang masih rada susah. Termasuk mencari part atau komponen racingnya. Terpaksa dan mau nggak mau, upaya mengkanibal dari motor lain harus dilakukan. Semisal kopling sentrifugal racing untuk CVT. Taunya bisa caplok variasi punya Honda Vario

“Tapi harus ada yang disesuaikan,” ujar Billy dari rumah modifikasi Billy Speed di Kemayoran, Jakarta Pusat. Tepatnya, perlu ada sedikit modifikasi biar dudukan yang diinginkan makin pas.

Iya, trus gimana caranya! Tenang, cukup bikin lubang untuk pen yang ada di bagian dalam dudukan rumah kopling. Sebab di rumah kopling Vario tidak ada pen tambahan untuk menahan pergerakan dari rumah kopling. Sedang di Skywave 125, memang dilengkapi pen penahan supaya lebih kuat.

Cara bikin lubang sangat gampang. “Cukup gunakan mata bor ukuran 5 mm. Tentu untuk membuat lubang pen penahan agar bias terpasang,” jelas Billy yang menggunakan kampas sentrifugal Koso itu.

Itulah kunci rumah kopling racing Vario terbaru yang memang bisa diaplikasi untuk Skywave 125. Fungsinya untuk mengurangi gejala selip. “Diharapkan motor lebih responsif,” tutup Billy sambil menutup toko lantaran udah malam.

No comments: